12.19.2010

Meningkatkan Plafor Lada dengan Kombinasi Pupuk Tablet dan Pupuk Organik

Lada (Piper nigrum L.) merupakan komoditas ekspor potensial di Indonesia, pada tahun 2005, produksi lada Indonesia menduduki urutan kedua dunia setelah Vietnam. Lada menyumbang devisa negara terbesar keempat untuk komoditas perkebunan setelah minyak sawit, karet, dan kopi. Lada Indonesia masih mempunyai kekuatan dan peluang untuk dikembangkan, karena kesesuain lahan dengan agroklimat  yang sesuai untuk lada cukup luas. Sayangnya, lada masih diekspor dalam bentuk curah (produk primer), berupa lada hitam dan lada putih, dengan mutu di bawah standar. Lada ekspor seringkali  mengandung mikroba, atau off-flavor. Padahal permintaan dan tuntutan pasar global semakin tinggi, terutama dalam aspek mutu dan keamanan pangan, serta tuntutan terhadap derivasi dan keragaman produk lada.
Rendahnya mutu lada, terutama karena pengelolaanya masih diusahakan dalam bentuk perkebunan rakyat dengan pengelolaan tradisional. Pengelolaan tersebut diantaranya adalah penggunaan pupuk terbatas, belum terpenuhinya jumlah dan semua jenis hara yang dibutuhkan tanaman lada atau belum sesuai anjuran, penggunaan bibit asalan, dan pengelolaan hasil tidak higienis.  Hal ini berdampak pada produktivitas yang dicapai rendah, biji yang dihasilkan juga tidak bernas dan berukuran kecil serta kurang higienis. 


Tablet Gramalet® Lada sebagai pupuk majemuk lengkap, yang diformulasi dan diproduksi spesifik untuk tanaman Lada, akan sangat membantu petani pelanggan mendapatkan semua jenis dan jumlah unsur hara pupuk secara sekaligus. Pupuk Gramalet® Lada memiliki kandungan lengkap meliputi hara makro primer ( N, P,K), makro sekunder (Mg,S,Ca) dan mikro elemen esensial ( Fe, B, Bo, Mn, Zn, Cl). Disajikan dalam bentuk tablet 10 gr ( diameter 24 mm, tebal 15 mm). Pupuk tablet formula lada tini elah terdaftar pada Departemen Pertanian Republik Indonesia No : T904/BSP/II/2003 dan mendapatkan sertifikasi mutu, pengguna Tanda SNI. .

Dengan menggunakan pupuk majemuk lengkap tablet Gramalet® Lada, kebutuhan dosis hanya setara dengan 35 % dibanding total jumlah pupuk tunggal yang biasa digunakan (Urea, SP maupun KCl). Satu ha Lada (Tanaman Menghasilkan), misalnya, membutuhkan sekitar 120 hingga 250 kg/ha/tahun. Oleh karena itu penggunaan tablet Gramalet® Lada akan efektif guna meningkatkan pendapatan petani.
Salah satu upaya untuk meningkatkan plafor lada dan tingginya produktivitas ecara berkelanjutan (sustainable) adalah dengan pemupukan terpadu, kombinasi pupuk tablet disertai  pemberian pupuk organik. Peranan pupuk organik akan berdampak, tidak saja meningkatkan kadar hara tanah dan produktivitas tanaman lada, namun juga mengendalikan serangan nematode parasit.


Pupuk organik kompos dapat dibuat sendiri dari bahan berupa limbah pertanian ( sisa sisa tanaman) maupun limbah industri pertanian. Aplikasi organik kompos dengan dimasukkan kedalam parit (rorak) , berukuran ( 100x40x40 cm) pada jarak 75 cm dari pokok tanaman. Kompos akan membantu kodisi lahan yang disukai tanaman  lada antara lain lapisan atas ( topsoil) dalam, gembur, subur, banyak mengandung humus ( permeable).

Pupuk dan Pemupukan: Pacu Produktivitas Dengan Pupuk Spesifik Lada

4 komentar:

  1. Anonim5:45 PM

    If you are open to having a guest blog poster please reply and let me know. I will provide you with unique content for your blog, thanks.

    BalasHapus
  2. we always enable photo and poster profile

    BalasHapus
  3. Anonim6:49 PM

    Nampak pupuk tablet dan kombinasi dengan pupuk organik dibuat para petani secara mandiri ini konsep menarik....

    BalasHapus
  4. Anonim3:16 PM

    Degradasi usaha tani lada disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain:

    (1) kondisi kebun yang kurang terawat; (2) petani mengabaikan kebun saat harga lada turun; (3) makin langka dan mahalnya kayu mendaru atau melangir yang digunakan sebagai tiang panjat; (4) makin sedikitnya petani muda yang bersedia untuk bertani lada; (5) konversi lahan menjadi areal kelapa sawit; (6) konversi kebun lada menjadi areal tambang timah; dan (7) serangan penyakit kuning.

    BalasHapus

Referensi Pupuk dan Pemupukan

Cari Pupuk di Google

Memuat...

Video Pupuk dan Pemupukan

Loading...
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Pupuk Tablet Gramalet® Sawit

Pupuk Tablet Gramalet® Sawit
Pupuk majemuk lengkap formulasi Gramalet adalah pupuk spesifik bagi tanaman sawit dan kelompok tanaman palma lainnya seperti tanaman hias palm, pinang dan kelapa yang dirancang dengan mempertimbangkan jumlah maupun jenis kebutuhan unsur hara bagi pertumbuhan dan produktivitas tanaman kelapa sawit. Kandungan hara lengkap yang meliputi makro primer (NPK), makro sekunder (Mg,S,Ca) dan mikro esensial ( Fe, B, Bo, Mo, Mn, Zn, Cl ) disajikan berbentuk tablet ukuran 10 gram ( diameter 24 mm ) guna menjamin pelanggan mendapatkan aneka hara pupuk lengkap yang sudah mengandung seluruh unsur hara sekaligus dalam setiap tablet. Formula ini mendapat tanda SNI dan terdaftar pada Departemen Pertanian RI No : T904/BSP/II/2003.

Pupuk Gramafix® Kakao

Pupuk Gramafix® Kakao
Pupuk Gramafix® Kakao sebagai pupuk majemuk lengkap tablet yang diformulasi dan diproduksi secara spesifik bagi tanaman kakao sangat membantu petani pelanggan mendapatkan berbagai unsur hara pupuk sekaligus. Dengan kandungan lengkap meliputi hara makro primer ( N, P,K), makro sekunder (Mg,S,Ca) dan mikro elemen esensial ( Fe, B, Bo, Mn, Zn, Cl) dan disajikan dalam bentuk tablet 10 gr dengan dosis 50 kg sampai 400 kg tergantung umur dan fase pertumbuhan tanaman.

Formula Pupuk Spesifik Tanaman Gramafix

Formula Pupuk Spesifik Tanaman Gramafix
Memudahkan petani dan pengusaha agribisnis mendapatkan semua unsur hara pupuk bagi tanamannya secara sekaligus dalam setiap tablet . Gramafix sudah terformulasi di tingkat pabrik secara spesifik per tanaman. Guna efisiensi dan kepraktisan agribisnis, kini petani tidak perlu lagi mencari dan mengoplos aneka bahan pupuk di kebun.

Video Teknologi Pupuk

Loading...