11.29.2010

Pupuk Palsu, Pupuk Bagus dan Pupuk Benar

Pupuk adalah zat hara yang diperlukan tanaman agar tumbuh baik sesuai sifat genetisnya, sementara pemupukan adalah kegiatan pemberian pupuk kepada tanaman agar tumbuh dan berproduksi sesuai tujuan budidaya yang telah ditetapkan sebelumnya. Karena kebutuhan jenis dan jumlah masing-masing unsur hara bagi tiap jenis tanaman bersifat unik, tidak sama persis antara satu tanaman dan jenis lainnya, pupuk kemudian diberikan dalam beberapa jenis dan dosis tertentu. Ada pula satu jenis pupuk namun mengandung beberapa unsur sekaligus, yang kemudian disebut sebagai  pupuk majemuk. Produk pupuk, karena kewajiban undang-undang juga mengaturnya, harus dinyatakan memiliki kandungan jenis dan jumlah unsur hara, misalnya pada brosur dan kemasan. Ketika jenis dan jumlah masing-masing hara sesuai antara label dan isi, maka produk itu dinyatakan pupuk benar. Namun, adakalanya suatu produk menyatakan isi kandungan tertentu, tapi ketika diuji, misalnya oleh laboratorium independen maupun uji kandungan pupuk secara mandiri dengan NPK Tester digital, berbeda dengan isinya, itulah kemudian yang dinyatakan sebagai pupuk dibawah mutu. Sayangnya, kepada kondisi pupuk demikian sering disebut awam sebagai pupuk palsu. Padahal palsu, adalah pengertian apabila produk mengaku, menyerupai dan mempromosikan produk menggunakan ikon atau data dan merk pupuk pihak lain.   
Disamping jumlah dan jenis berbeda bagi tiap tanaman, lokasi tumbuh tanaman pun akan mempengaruhi jumlah dan jenis kebutuhan pupuk. Diketahui, setiap jengkal tanah memiliki kandungan berbeda antara satu lokasi dan lokasi lainnya, padahal kebutuhan unsure hara bagi tumbuh dan berkembang adalah selisih antara kebutuhan tanaman secara genetiknya dikurangi ketersediaan hara dalam tanah tempat tumbuhnya. Pupuk bagus adalah tanaman memberikan reaksi positif dengan memperlihatkan vigor dan tingkat produksi sesuai genetisnya, dan itu per definisi hanya bisa terjadi ketika jenis dan jumlah unsur hara terkandung dalam pupuk sesuai dengan kebutuhan tanaman di lokasi tertentu. Jadi, apakah mungkin pabrik menyediakan pupuk bagus tersebut ?.
Berdasar definisi itu, pupuk bagus tidak mungkin disediakan pabrik di berbagai lokasi distribusi dengan kondisi lahan pertanian dan bahkan tanaman yang akan dipupuk pasti berbeda. Hanya pupuk berdasar pesanan yang berpeluang menyediakan jumlah dan jenis unsure hara secara spesifik bagi jenis tanaman di lokasi tertentu. Pola penyediaan pupuk demikian, baik dilakukan pabrik maupun petani dan pekebun - memenuhinya sendiri setelah menghitungnya, disebut sebagai pemupukan spesifik lokasi.

10 komentar:

  1. nice post
    please visit this
    repository unand
    thanks....

    BalasHapus
  2. Anonim9:09 AM

    bagaimana mengetahui suatu pupuk disebut palsu ?

    BalasHapus
  3. Dear Sari, I appreciated

    BalasHapus
  4. yang paling tahu suatu pupuk palsu ya pemilik merk dari pupuk yang ditiru oleh pemalsu atau dipalsukan tersebut.......dia, yag ditiru, bisa menggugat pemalsu sebagai delik aduan.........

    BalasHapus
  5. Anonim10:16 AM

    jadi kalau pupuk diperiksa polisi misal ternyata kurang ijin2, atau kandungan tdk sesuai label itu bukan palsu ya pak ? soalnya di lapangan tetep saja itu disebut palsu.

    BalasHapus
  6. ya kalau tidak memiliki ijin namanya ilegal, tapi kalau kandungan isinya kurang dibanding yang tertera pada kemasan, itu namanya dibawah mutu, kaitannya dengan UU Perlindungan konsumen

    BalasHapus
  7. Kalau seseorang membuat pupuk dengan merk sendiri berbahan garam,pupuk urea, dan pewarna tekstil merah. Adapun perbandingannya garam 1 ton, urea 10 kg, pewarna tekstil secukupnya. Apakah dapat disebut pupuk palsu ?
    Apakah termasuk tindak pidana ?

    BalasHapus
  8. Kalau seseorang membuat pupuk dengan merk sendiri berbahan garam,pupuk urea, dan pewarna tekstil merah. Adapun perbandingannya garam 1 ton, urea 10 kg, pewarna tekstil secukupnya. Apakah dapat disebut pupuk palsu ?
    Apakah termasuk tindak pidana ?

    BalasHapus
  9. Kalau seseorang membuat pupuk dengan merk sendiri berbahan garam,pupuk urea, dan pewarna tekstil merah. Adapun perbandingannya garam 1 ton, urea 10 kg, pewarna tekstil secukupnya. Apakah dapat disebut pupuk palsu ?
    Apakah termasuk tindak pidana ?

    BalasHapus
  10. Kalau seseorang membuat pupuk dengan merk sendiri berbahan garam,pupuk urea, dan pewarna tekstil merah. Adapun perbandingannya garam 1 ton, urea 10 kg, pewarna tekstil secukupnya. Apakah dapat disebut pupuk palsu ?
    Apakah termasuk tindak pidana ?

    BalasHapus