1.11.2010

Seminar Olah Sampah dan Teknologi Pemupukan

Sampah kawasan komersial ( pasar, mall, hotel, restoran, apartemen, pertokoan, perumahan, dan sejenisnya) kini diwajibkan Undang undang No 18/ 2008 untuk dikelola secara mandiri. Kewajiban Undang-undang ini bisa menjadi peluang bagi usahawan kecil (UKM), koperasi, lembaga dan LSM) menjadi rekanan/ mitra atau bertindak sebagai kontraktornya. Dengan demikian, penguasaan teknologi proses pengelolaan sampah yang bisa mengolah sampah secara modern, cepat, menguntungkan secara ekonomi dan higienis - menjadi bentuk baru yakni sesuatu yang bisa dijual dan bernilai seperti kompos dan organik cair- serta pengetahuan pemasarannya, akan menjadi modal dalam menawarkan jasa pengelolaan sampah kepada setiap kawasan komersial tersebut.

Potensi sampah suatu kota menjadi kompos juga bermanfaat bagi perbaikan kesuburan lahan perkebunan dan pertanian karena eksploitasi lahan pertanian secara terus menerus tanpa perbaikan kadar C-Organik ( tingkat kesuburan) akan menurunkan produktivitas lahan secara jangka panjang. Disamping melalui pemeliharaan kondisi kesuburan lahan, pemberian pupuk sintetik kimia secara bijaksana juga akan meningkatkan daya saing komoditi perkebunan. Namun, sayangnya, pengetahuan pemupukan dengan unsur lengkap dan berimbang (NPK-MgSCa+TE) - sebagai persyaratan utama dalam meningkatkan produktivitas kebun secara berkelanjutan- seringkali masih terbatas dikuasai petani dan pengusaha perkebunan.

Atas dasar kepentingan menyebarluaskan informasi teknologi pembuatan pupuk organik dari bahan sampah di kota dan teknologi pemupukan secara lengkap dan berimbang (NPK-MgSCa+ TE), dilaksanakan seminar singkat " Teknologi Olah Sampah dan Pemupukan Perkebunan Sawit di Riau".

Penyaji materi adalah Ir Sonson Garsoni, alumni IPB yang kini menjabat sebagai Ketua Asosiasi Produsen Pupuk Kecil Menengah Indonesia (APPKMI), Ketua Asosiasi Konsultan Non Konstruksi Indonesia (ASkkindo), Wk Ketua Umum Kadin Jawa Barat dan sekaligus pelaku industri pupuk tablet dan produsen komposter- mesin pengolah sampah menjadi pupuk kompos dan organik- yang telah berpengalaman lebih 15 tahun dalam penyebaran teknologi pupuk dan pemupukan.

Seminar singkat ini dilaksanakan PT CV Sinar Kencana (CVSK), akan bermanfaat bagi :

1. Pelaku usaha dan pengelola properti kawasan komersial ( Mall, hotel, developer perumahan, restoran, apartemen) serta pengelola kawasan pendidikan ( sekolah, Universitas) dan rumah sakit - dalam mendapatkan teknologi alat mesin pengelolaan sampah,

2. Pengusaha perkebunan dalam kepentingan mendapatkan informasi pengolahan sampah organik menjadi kompos dan pupuk cair (organik) bagi pemeliharaan kesuburan lahan perkebunan dan pertanian,

3. Pengusaha perkebunan dalam kepentingan mendapatkan informasi teknologi pemupukan lengkap dan berimbang bagi peningkatan produktivitas komoditi perkebunan dan pertanian,

4. Peminat dan berbagai pihak yang peduli lingkungan dan peminat usaha berwawasan lingkungan,

5. Pejabat pemerintah maupun korporat yang berkaitan dengan CSR ( corporate social responsibility), PKBL serta pengendalian lingkungan.

Demikian semoga bermanfaat,

KencanaOnline.Com