1.07.2009

Pupuk Tablet Perkebunan Karet

Kian berkembangnya perekonomian berbagai negara yang diiringi peningkatan kebutuhan kendaraan bermotor dan aneka peralatan, akan membutuhkan lebih banyak lagi karet alam untuk ban dan alat industri, sehingga membuat prospek harga karet alam juga terus membaik. Kondisi yang membuat permintaan karet alam dunia terus meningkat itu, menciptakan prospek usaha bidang perkaretan juga menjadi semakin baik.

Meningkatkan produktivitas getah karet, salah satunya yang penting adalah menyediaakan pupuk formula yang spesifik bagi tanaman karet. Pupuk Gramafix® Karet adalah pupuk majemuk lengkap tablet (PMLT)- yang kandungan dan komposisi nutrisi NPK,MgSCa+ Mikro diformulasi dan diproduksi secara spesifik bagi tanaman Karet (Hevea brasiliensis) - akan sangat membantu petani pelanggan mendapatkan berbagai unsur hara pupuk yang diperlukan tanaman karet sekaligus dalam satu tablet.


Peningkatan produksi pertanian dapat dicapai melalui pendekatan teknologi yang tepat antara lain dengan menerapkan teknologi pemupukan berimbang spesifik lokasi. Saat ini teknologi pemupukan sesuai anjuran hampir tidak dilakukan oleh sebagian petani Indonesia, sehingga menyebabkan pemupukan menjadi tidak berimbang. Rendahnya pengetahuan akan pentingnya data kesuburan lahan kebun maupun kemampuan tanaman mengangkut hara bagi pertumbuhan dan produksi ditandai oleh masih rendahnya tingkat produktivitas tanaman dibanding genetisnya.

Guna mendukung metoda pemupukan berimbang dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa jenis unsur hara tunggal yang dicampur secara sederhana ( simple blending) , atau dicampur secara mekanis ( mechanical blending) atau melalui teknologi pencampuran secara kimia ( chemical blending) yang disebut pupuk majemuk dengan komposisi kandungan hara atau formula tertentu. Sementara pemupukan spesifik lokasi didekati dengan membaca data sekunder peta kesuburan tanah di suatu wilayah diikuti dengan mendengar informasi pelanggan akan kondisi kebun. Informasi petani tentang kondisi tanaman secara visual juga bisa memberikan data bagi dasar perhitungan penyusunan komposisi unsur hara pupuk yang akan diproduksi ditingkat pabrik.


Dengan kandungan lengkap meliputi hara makro primer ( N, P,K), makro sekunder (Mg,S,Ca) dan mikro elemen esensial ( Fe, B, Bo, Mn, Zn, Cl) tersebut, pupuk formula Gramafix® Karet disajikan dalam bentuk tablet 10 gr, diameter 24 mm dengan ketebalan tablet 15 mm. Formula Gramafix® Karet telah terdaftar pada Departemen Pertanian Republik Indonesia (RI) No: T905/BSP/II/2003.