10.19.2008

Keunggulan Pupuk Formulasi Gramalet

Tahun 1990 an beberapa ahli kimia tanah, mesin dan pertanian memulai penelitian untuk upaya mengatasi borosnya penggunaan pupuk tunggal ( Urea, SP dan KCL) dilakukan para petani Indonesia. Bentuk pupuk prill ( tabur) yang diaplikasikan di kebun dan sawah, sebagian besar terbawa aliran air ( utamanya saat hujan) , menguap ( sifat kimia pupuk yang gampang menguap saat terkena panas matahari) dan butiran seringkali berada diluar jangkauan mulut akar tanaman (karena pemupukan ditabur). Suatu lembaga penelitian melansir bahwa 70 persen pupuk bentuk tabur ( prilled) tidak dikonsumsi tanaman dan terbuang menjadi limbah kimia pencemar lingkungan. Dalam pengadaan pupuk tunggalpun seringkali dipusingkan oleh seringnya aneka jenis pupuk tidak serentak tersedia di pasaran, padahal tanaman memerlukan jadwal tertentu dalam menerima pupuk Nitrogen Urea ( saat pertumbuhan/ vegetatif) , pupuk SP ( saat primordia dan perkembangan batang) serta KCL- saat pembungaan atau pembentukan buah. Berdasar keprihatinan itu, CVSK mengenalkan pupuk majemuk ( kandungan 13 unsur hara meliputi NPK, MG S Ca dan unsur mikro) serta disajikan dalam bentuk tablet ( 3 dan 10 gram/ tablet) .

Sebagaimana diketahui, pemupukan bertujuan untuk menggantikan unsur hara yang hilang terangkut sebagai hara tanaman, terbawa panen, penguapan ( volatilisasi) , pencucian oleh air tanah, pengikatan oleh kimia lain dalam tanah ( fiksasi) menjadi koloid, dan sebagainya. Pupuk majemuk dengan kandungan lengkap dibuat berdasar pesanan ( flexible formula) Gramalet berbentuk tablet 10 gram dan 3 gram dengan susunan hara disajikan berdasar kepentingan tujuan pemupukan di lokasi tertentu pada tanaman tertentu.

Pupuk formula fleksibel ini adalah hasil teknologi dan pabrikasi pencampuran fisik ( physical blending) dari aneka pupuk tunggal menjadi majemuk dan bentuk tablet. Proses pentabletan dilakukan mesin modern pada tekanan tertentu ( 2 ton/ cm2), menggunakan slow release agent tertentu agar hara dilepas secara terkendali, dicampurkan berbagai unsur hara dari pupuk tunggal dan ion exchanger menjadi majemuk tablet. Dengan pabrikasi yang makin maju, formulasi Gramalet® dapat diproduksi dengan komposisi unsur hara disajikan per batch produksi, minimal 5 ton per satu komposisi. Dengan teknologi ini, memungkinkan pabrik memproduksi berdasar pada pesanan ( fleksibel) dari para pelanggan. Pelanggan berupa perkebunan dan petani melakukan penetapan komposisi nutrisi dalam pupuk yang dipesannya disesuaikan atau didasarkan atas uji kesuburan lahan dan analisa jaringan serta daun guna menetapkan status kesuburan lahan dan jenis tanaman.

Dengan kandungan hara terdiri dari makro primer ( NPK) , makro sekunder ( Mg, S, Ca) dan mikro esensial ( Fe, Zn, Mo, B, Bo, Cl) maka, pupuk formulasi Gramalet dikatagorikan sebagai pupuk majemuk lengkap dengan kelebihan khusus adalah melepas hara secara perlahan dan terkendali ( slow release fertilizer). Pelanggan Gramalet, yang terlebih dulu menetapkan status kesuburan tanahnya, tidak perlu memberi tambahan unsur hara pupuk lain seperti Urea, SP maupun KCL dan pupuk pelengkap lainnya- karena pupuk majemuk Gramalet merupakan produk subtitusi sepenuhnya bagi pupuk tunggal ( Urea, ZA, SP dan KCl) .

Menggunakan pupuk majemuk lengkap tablet ( PMLT) Gramalet, kebutuhan pupuk hanya setara dengan 30 sampai maks 35 % dari total berat jumlah/ dosis pupuk tunggal - sebagaimana biasa digunakan para petani ( Urea, SP maupun KCl) . Jumlah dosis sangat tergantung pada tingkat kesuburan masing -masing lokasi, makin kurus dan rendahnya aktual hara dikandung tanah akan memerlukan dosis lebih tinggi dibanding dengan kebutuhan gramalet pada lahan subur. Rendahnya dosis pupuk Gramalet dibanding campuran pupuk tunggal ( Urea, SP, KCl) karena efisiensi yang didapat dari bentuk tablet, aplikasi dibenamkan pada kedalaman 10-15 cm dan dengan karakteristik sifat lepas lambat hara ( slow release) menjamin tidak tercuci, tidak akan terikat koloid kimia tanah dan terkena penguapan sebagaimana aplikasi pupuk tabur ( prill) di permukaan.

Standar mutu berbagai Formula keluaran Gramalet antara lain:
1) . mengandung nutrisi pupuk minimal 3 hara makro primer ( Nitrogen, Phosfat/ K2O5 dan Kalium K2O / NPK) , hara makro sekunder ( magnesium atau kieserite/ Mg, Sulfur/ S dan Calcium/ Ca) serta hara mikro essensial ( Fe, Cu, Zn, B, Bo, dan molibdat/ Mo) ,

2) . berbentuk tablet – hasil pemaduan fisika pada tekanan tertentu ( 2 ton/ cm2) sehingga penyatuan unsur hara bersifat padu dan kompak,

3) disajikan dari bahan baku terpilih seperti Urea, Super phosfat ( SP) dan KCL serta sumber Mg dan Ca dari Kiserit ( MgCaO) Ex China atau Jerman - yang memiliki kelebihan antara lain tingkat water soluble ( kelarutan dalam air sehingga diserap tanaman) yang tinggi, memeiliki kemampuan melepas hara terkendali ( release controlled) dan dijamin tidak terikat dalam senyawa khelat ( yang melindungi unsur hara dari penyerapan air) .
4) . memiliki kandungan hara penting mikro elemen - termasuk Mo ( molibdium). Diketahui, fungsi Mo dalam tanaman adalah mengaktifkan enzim nitrogenase, nitrat reduktase dan xantine oksidase. Gejala yang timbul karena kekurangan Mo hampir menyerupai kekurangan N. Kekurangan Mo dapat menghambat pertumbuhan tanaman, daun menjadi pucat dan mati dan pembentukan bunga terlambat. Gejala defisiensi Mo dimulai dari daun tengah dan daun bawah. Daun menjadi kering kelayuan, tepi daun menggulung dan daun umumnya sempit. Bila defisiensi berat, maka lamina hanya terbentuk sedikit sehingga kelihatan tulang-tulang daun lebih dominan.

5) merk dan formula flexible Pupuk Majemuk Lengkap Tablet ( PMLT) Formulasi Gramalet® memiliki komposisi NPK, MgSCa+ Mikro serta menggunakan spesifikasi kemasan sebagai berikut :

a) Kemasan dalam ( inner packing ) : Plastik PE 0, 8 – 1, kemasan kedap air dan udara, kapasitas 5 kg ( gross weight) ,

b) Kemasan luar ( outer packing) terbuat dari karton D/ W : a) Ukuran : ( 360 x 355 x 263 ) mm b) Jenis karton : K 200/ 150/ K200, c) Kapasitas: 20 Kg.

Dengan dosis rendah dan kemasan sebagaimana spesifikasi tersebut, pengangkutan, penyimpanan dan penanganan transportasi ke kebun maupun antar daerah termasuk penanganan di pelabuhan menjadi lebih aman, murah dan mudah.
Disajikan dalam bentuk tablet 10 gram dan 3 gram dengan kemasan @ 5 kg/ plastik PE 1 mm dan setiap plastik dimasukan kedalam karton menjadi 20 kg/ karton. Ukuran dan jenis kemasan menjamin daya tahan produk sampai 2 tahun disamping, sangat memudahkan aplikasi pemupukan di kebun atau lapangan karena pengangkutan maupun penyimpanan pupuk menjadi praktis dan efisien. Pupuk ini telah mendapat Nomor Pendaftaran Menteri Pertanian RI dan juga telah memiliki sertifikat dan Tanda SNI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar