8.16.2008

Perbaiki Vigor pada Tanaman Hias Bunga ( Tahiba) dengan Pupuk Lengkap

Umumnya tanaman hias selain daunnya memberi daya tarik tersendiri, bunganya juga amat memikat, misalnya Begonia semperflorens - yang merupakan salah satu jenis Begonia bunga. Ia tetap mungil dan berbunga setiap saat sepanjang tahun. Tanaman yang daunnya bulat mengkilat ini, memiliki bunga bervariasi, dari putih sampai ke merah merona.

Demikian juga jenis tanaman hias bunga lainnya, yang cantik adalah Saintpaulia ionantha, juga dikenal dengan African violets dan violltjes atau Begonia rex ( Bigonia sp), Bintang buni ( Crytanthus sp), Bunga angsa ( Aristolochia sp), Bunga harumsari ( Buddleja asiatica), Bunga bokor ( Hydrangea hortensis) , bunga kana ( Canna indica) , Bunga kupu-kupu ( Bauhinia purpurea) , Bunga kancing ( Gomphrena globosa) , Bunga kuku macan ( Mucuna bennetii) , Bunga matahari ( Helianthus annus) dan Bunga mentega ( Taberna emontana coronaria) .

Jenis tanaman hias, dengan bunga sebagai objek pokok, memerlukan jenis dan komposisi pupuk Gramafix® Tanaman Hias Bunga ( Tahiba) dengan Kalium ( K2O) dominan terhadap Phosphor ( P2O5) namun, setara dengan kandungan Nitrogen ( N) ditambah dengan Mg, S dan Ca serta Micro Element (TE). Komposisi hara dalam pupuk ini, sebagaimana terdapat pada majemuk kandungan lengkap bentuk tablet Gramafix® Formula Tanaman Hias Bunga, pada komposisi NPK-MgSCa + TE ( 17-8-17- 3-7-3 + 1) .

Komposisi, kandungan dan jumlah masing-masing hara pada Gramafix® Tanaman Hias Bunga, telah diformulasi secara khusus berdasarkan kebutuhan unsur hara berbagai tanaman hias bunga seperti Rose, melati, dll. Dengan kelengkapan hara, yang dikandungnya, meliputi unsur makro primer ( NPK) , hara makro sekunder ( Mg, S, Ca) dan mikro ( Fe, Zn, B, Cl, Bo, Mo), pupuk Gramafix® Tanaman Hias Bunga disajikan berbentuk tablet ukuran 3 gram. Formula ini telah terdaftar di Departemen Pertanian RI No : T903/ BSP/ II/ 2003.

Kandungan hara lengkap dalam setiap tablet Gramafix® Tanaman Hias Bunga akan membantu dan membuat pecinta bunga, dalam memupuk tanamannya, tidak perlu lagi mencampur dan menambahkan unsur lain seperti urea, SP maupun KCL secara konvensional sebagaimana biasanya. Disajikan dalam ukuran tablet 3 gr disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi dan dosis pada tanaman hias. 

Mempercantik dan memperbaiki vigor tanaman hias bunga tidak bisa dilepaskan dari peranan kompos, pupuk organik yang memiliki kandungan hara lengkap, termasuk asam humid dan aneka senyawa. organik lainnya Pupuk organik, kompos, berkemampuan menambah kegemburan tanah, membentuk lapisan topsoil humus dan meningkatkan jumlah mikrobial sekitar tanaman. Aktivitas mikrobial yang meningkat, akan memberikan senyawa dan nutrisi baru, yang berbeda dengan kandungan dari pupuk sintetis. Penampakkan bunga akan lebih indah, lebih harum dan tahan lama dalam keadaan segar. Kompos, bentuk padat, bisa diaplikasikan kedalam perakaran, sementara kompos cair disemprotkan ke daun, batang ataupun dikocorkan ke area perakaran. 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar