4.23.2008

Harapan Pertanian Di Atas Tanah Bauksit Batam

Memperpanjang jumlah keberhasilan petani Batam Kepulauan Riau- dalam upaya memenuhi kebutuhan penduduk Batam akan aneka sayuran, kacang dan buah serta jengkol - dikenal sebagai pulau pengimpor berbagai jenis bahan makanan dari Jawa dan Sumatera bahkan Johor Malaysia, dengan tanah Batam- sebagai tanah tandus dengan kadar bauksit yang tinggi, adalah Nurul. Ibu muda - yang mulai mengusahakan pertanian seluas 1,2 Ha di daerah Barelang, tepatnya depan Yonif 134- sebelum Jembatan Satu kearah Vietnam Village, Batam- didatangi petani setempat dan teman-temannya karena mereka melihat tanamannya tumbuh subur. Mereka ingin belajar bagaimana memelihara pohon jengkol dan menanam sayuran mentimun, gambas, kacang panjang dan jagung bisa tumbuh subur diatas tanah tandus - sebagaimana umumnya di Batam. Tentu saja Ibu muda ini terheran-heran karena sebenarnya ia baru memulai bertani.

Rahasia apa sebenarnya yang membuat tanamannya relatif subur bagi kondisi tanah Batam? Ternyata sederhana, entah dari mana mulanya, Ibu Nurul rupanya rajin surfing internet dan didapatkanlah alamat www.kencanaonline.com suatu web online shopping dengan menampilkan aneka produk sarana produksi pertanian ramah lingkungan antara lain aktivator kompos Green Phoskko dan pupuk majemuk spesifik tanaman Gramafix. Dengan usaha mendapat informasi lewat internetnya itu, rupanya, singkat cerita Nurul menemukan agen pemasaran kedua produk tersebut di kota Batam, bahkan ketika menghubungi agen malah langsung diantar agen menemui kantor pemasaran PT. Cipta Visi Sinar Kencana di kawasan Ruko Green Land Blok i No 11 Batam center. Dengan rasa waswas karena belum pengalaman menggunakan sarana produksi pertanian, didapatkanlah ke-2 produk tersebut. Anehnya, kalau bagi orang lain aktivator kompos- sesuai namanya digunakan sebagai bahan bagi dekomposisi sampah organik menjadi kompos, Nurul telah berbuat - mungkin salah dengar namun kemudian - yang membuat decak kagum karena berani membuat percobaan kalau aktivator Green Phoskko - setelah dilarutkan dalam air - sebagaimana petunjuk penggunaannya malahan dijadikan pupuk cair kocor. Dengan larutan aktivator Nurul rajin mengocorkannya ke akar tanaman dan menyemprotkannya ke daun. Ditambah dengan kandungan lengkap unsur hara NPK, MgSCa+ Mikro dari pupuk Gramafix Sayuran Biji dan Gramafix Jagung (Palawija), jadilah tanaman berupa pohon jengkol, jagung, dan kacang panjangnya tumbuh subur diatas tanah Batam dengan lapisan bauksit yang tebal.

Anda tahu semua, dengan keberhasilan bertani sayuran di Batam berarti berkah tersendiri jika mengingat harga aneka bahan makanan di Batam- sebagai pulau pengimpor hasil pertanian dan bahan makanan- harganya jauh lebih mahal dibanding Jawa maupun Sumatera. Karenanya, Nurul akan meraup keuntungan besar saat panen nanti. Selamat panen Bu, jangan lupa zakat pertaniannya..............................!! ( Posko Hijau)

2 komentar:

  1. suatu ilmu dan inovasi yg menarik sekali. apakah saya boleh tahu kontak no hp dan facebook dari ibu nurul ?? terimakasih sblmnya. oya apakah produk kencanaonline.com sudah ada di Kab. BINTAN?? dmn alamatnya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Mantri bisa lihat proses pembuatan kompos menggunakan Komposter Biophoskko di rumah kompos dengan kontak Hindra Atmaja, CHt, Komplek Bintan Centre D-21-A, Jl. D.I.Panjaitan Batu 9, Tanjung Pinang, T. +62-771-7447058

      Klu Bu Nurul, itu di wilayah Batam, Dwi Nurul

      CVSK Pwk Batam
      Shanggrila Garden Blok A1/ 64, Sekupang Batam Kepulauan Riau 29400

      Hapus