2.07.2006

Formula Spesifik Sawit Mudahkan Pemupukan


Menentukan formula pupuk majemuk spesifik tanaman tidaklah mudah. Dengan mengasumsikan tingkat kesuburan lahan tertentu, para ahli kami mencari rataan tingkat kesuburan kebun melalui serangkaian uji kesuburan lahan. Kemudian mengukur tingkat pertumbuhan kelapa sawit pada aneka komposisi unsur hara yang terkandung dalam setiap pupuk tablet serta mengukur dampaknya pada pertumbuhan vegetatif ( perkecambahan dan pembibitan), generatif dan hasil TBS maupun rendemen produksi minyak sawit, CPO dan kernel. Setelah mencoba di berbagai kondisi lahan yang ekstrim, misalnya lahan gambut dan lahan darat, didapatkan kesimpulan-kesimpulan guna diformulasikan kandungan unsur hara makro, makro sekunder dan bahkan unsur mikro. Pengalaman kami - sebagai satu pelopor dalam industri pupuk majemuk tablet sejak tahun 1994, yang sebelumnya melayani produksi atas pesanan formula sesuai kondisi kesuburan lahan dengan menyajikan tablet Gramalet telah memberi pengalaman yang amat kaya akan berbagai respon tanaman terhadap formula yang kami rekomendasikan bagi pupuk majemuk sepesifik kelapa sawit ini. 
Setelah menyimpulkan, kami mendaftarkan formula pupuk ke menteri Pertanian RI untuk mendapatkan No Registrasi dan ijin edar Departemen Pertanian RI. Maka, kini, jadilah pupuk majemuk tablet spesifik tanaman sawit memiliki segenap ijin edar dan hasil uji lapangan. 

Pupuk majemuk lengkap formulasi Gramalet Sawit adalah pupuk spesifik tanaman sawit dan kelompok tanaman palma lainnya seperti tanaman hias palm, pinang dan kelapa - yang dirancang dengan mempertimbangkan jumlah maupun jenis kebutuhan unsur hara bagi pertumbuhan dan produktivitas tanaman kelapa sawit. Kandungan hara lengkap - yang meliputi makro primer (NPK), makro sekunder (Mg,S,Ca) dan mikro esensial ( Fe, B, Bo, Mo, Mn, Zn, Cl ) - disajikan berbentuk tablet ukuran 10 gram ( diameter 24 mm ) guna menjamin pelanggan mendapatkan aneka hara pupuk lengkap yang sudah terkandung didalamnya semua unsur hara yang diperlukan kelapa sawit sekaligus dalam setiap tablet. Formula Sawit 14-8-19-3-6-3+1 (Mikro) ini terdaftar pada Departemen Pertanian RI No : T904/BSP/II/2003 dan mendapat sertifikasi mutu sebagai pengguna tanda SNI. 
Kini pelanggan pupuk Gramalet® Sawit 14-8-19-3-6-3+1 (Mikro) ini telah tersebar dimulai dari Meulaboh, banda Aceh, Kisaran, Rantau Prapat- Labuhan Batu, Bagan Batu, Tapanuli Selatan, Bangkinang Riau, Bah Jambi, Sumatera Barat, Lampung hingga Sulawesi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar